Hi, Welcome to my blog, enjoy reading.
RSS

Kamis, 14 Januari 2010

Penyaluran KUR BNI Mencapai Rp 1,53 Triliun

Hingga akhir Desember 2009, penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR) BNI mencapai Rp 1,53 triliun. BNI KUR merupakan produk kredit BNI dengan plafon hingga Rp 500 juta untuk usaha kecil yang feasible , namun belum bankable . Pembiayaan mendapat fasilitas penjaminan dari perusahaan penjamin yang telah ditunjuk pemerintah, yaitu PT Asuransi Kredit Indonesia (PT Askrindo) dan Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo).

Menurut Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo Selasa (12/1) di Jakarta, penyaluran kredit usaha kecil ini merupakan bentuk keseriusan BNI dalam membantu pemerintah dalam memberdayakan usaha kecil sekaligus untuk meningkatkan porsi kredit BNI untuk segmen usaha kecil dan menengah .

"Kami berharap bahwa fasilitas kredit ini juga menjadi salah satu rangsangan bagi pengembangan perekonomian daerah dan nasional dengan berbasis pada pengembangan usaha kecil dan pemberdayaan wirausahawan baru," katanya. BNI menyalurkan KUR dengan tiga pola penyaluran, yaitu disalurkan langsung kepada debitor, disalurkan melalui koperasi, disalurkan melalui perusahaan inti untuk usaha plasma atau binaan.

Hingga akhir Desember 2009, BNI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 1,53 triliun kepada 11.567 usaha kecil di seluruh Indonesia. Mereka terdiri dari beberapa sektor usaha, yaitu sektor perdagangan dan rumah makan ( 66 persen), sektor pertanian dan sarana pertanian (22 persen), sektor jasa (6 persen), industri pengolahan (4 persen), sektor transportasi dan komunikasi (2 persen ), dan sisanya untuk sektor-sektor lainnya.

Dalam penyaluran kredit usaha kecil dan menengah, BNI telah didukung dengan jaringan yang tersebar di seluruh pelosok, yaitu 51 sen tra kredit kecil (SKC), 114 unit kredit kecil (UKC), 20 s entra kredit menengah (SKM), 64 kantor cabang stand alone, 57 cabang syariah dan didukung 980 kantor layanan. Untuk meningkatkan layanan kepada debitor kredit usaha kecil, BNI telah mengimplementasikan teknologi secara online sehingga memungkinkan proses aplikasi kredit usaha kecil menjadi lebih cepat dan mudah.

Selain BNI Kredit Usaha Rakyat, BNI juga memiliki produk kredit lainnya yang ditujukan para usaha kecil, yaitu kredit BNI Wirausaha, kredit BNI Usaha Berkembang, dan kredit BNI Usaha Maju.

0 komentar:

Posting Komentar